Salah kalau harga listrik tenaga surya mahal 15 jt? Ini buktinya lampu PJU tenaga durya cuma 7 jtaan.

Posted in: Berita- May 02, 2012 No Comments

SURYA Online, SURABAYA – REI Jatim menilai, penggunaan teknologi tenaga surya masih mahal. Lalu berapa investasi yang dibutuhkan untuk penggunaan teknologi ramah lingkungan itu?

Wakil Sekretaris Bidang Organisasi dan Keanggotaan REI Jatim, Broto Susilo menggambarkan untuk investasi listrik tenaga surya setidaknya dibutuhkan biaya Rp 5 juta sampai Rp 15 juta per set setiap rumah. Jumlah investasi itu, hanya untuk harga solar sell, baterai dan intlasi pengubah daya. hingga jaringan listrik. Investasi belum termasuk harga lampu, atau perlengkapan elektronik lain yang perlu disesuaikan.

Broto yang sudah menerapkan teknologi tenaga surya di perumahan The Argopuro di Jember menyebut, untuk penerapan teknologi tenaga surya untuk peneragan jalan diperlukan biaya investasi sekitar Rp 13 juta. “Nilai investasi itu sudah termasuk lampu LED 35 watt, tiang lampu, solar sell dan baterai,” ujarnya.

Nilai investasi untuk penggunaan teknologi listrik tenaga surya bagi lampu jalan, jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan penggunaan lampu merkuri dan daya listrik dari PLN. Investasi lampu jalan biasa dengan lampu merkuri 400 watt maksimal Rp 3 juta per tiang lampu.

Kenyataan sekarang :

– Bahwa dengan menurunya nilai panel surya sekarang sistem pembangkit listrik tenaga surya sangat murah

– Kami rekomendasi bagi perumahan menggunakan paket pju tenaga surya 20 watt 

No Responses to “Salah kalau harga listrik tenaga surya mahal 15 jt? Ini buktinya lampu PJU tenaga durya cuma 7 jtaan.”

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan kepada kami apapun!
hi, apa yang bisa saya bantu?